Simulasi Tagihan & Bunga Kartu Kredit

 
 
Informasi yang biasanya tertera dalam lembar tagihan kartu kredit
 
Nomor Rekening Kartu Utama
Nomor ini adalah nomor pada kartu utama Anda. Rincian transaksi yang ada pada kartu tambahan, bisa dilihat setelah rincian transaksi kartu utama.
 
Jenis Kartu
Menerangkan jenis kartu kredit yang Anda miliki, contohnya MasterCard atau Visa card.
 
Tanggal Penagihan
Tanggal ini adalah tanggal lembaran tagihan dicetak. Pada lembar tagihan ini, Anda bisa melihat semua transaksi yang diterima/dibukukan setelah tanggal tagihan sebelumnya.
 
Tanggal Jatuh Tempo
Tanggal ini adalah tanggal paling telat untuk melakukan pembayaran Anda. Supaya rekening Anda lancar dan tidak di black list, pastikan Anda melakukan pembayaran sebelum tanggal ini. Untuk Anda yang membayar melalui bank lain, usahakan untuk melakukan pembayaran 3 hari sebelum jatuh tempo untuk menghindari denda keterlambatan dikarenakan proses transfer antar bank.
 
 
Pembayaran Minimum
Jumlah ini adalah jumlah paling sedikit yang harus Anda bayarkan. Jumlah pembayaran minimum dihitung dari persentase yang telah ditentukan sebelumnya.
 
Tagihan Bulan ini
Informasi ini mencatat seberapa besar tagihan Anda dari setiap transaksi atas pembelanjaan, pembayaran, kredit dan penarikan uang tunai. Jika transaksi menggunakan mata uang asing, maka secara otomatis akan dikonversikan ke dalam mata uang Rupiah.
 
Poin Rewards Anda
Informasi ini menerangkan jumlah total poin rewards yang Anda miliki dan jumlah poin rewards yang telah Anda gunakan.
 
Tanggal Pembukuan
Tanggal sewaktu transaksi Anda dicatat/dibukukan di rekening kartu kredit Anda.
 
Tanggal Transaksi
Tanggal sewaktu pembelanjaan/pengambilan uang tunai dilakukan.
 
Perincian Transaksi
Informasi ini menerangkan rincian pembelanjaan, pembayaran, pengambilan uang tunai yang dilakukan selama periode tagihan.
 
Jumlah Tagihan
Informasi ini menerangkan jumlah uang dari tiap transaksi atas pembelanjaan, pembayaran, kredit dan penarikan uang tunai. Transaksi dalam mata uang asing akan dikonversi secara otomotis ke dalam mata uang Rupiah.
 
Ringkasan Tagihan
Informasi ini menerangkan ringkasan dari aktivitas rekening Anda selama periode tagihan. Ringkasan tagihan terdiri dari pembayaran yang telah dilakukan, saldo awal  dan juga transaksi pemakaian baru.
 
Saldo Akhir
Informasi ini menerangkan seluruh jumlah tagihan yang terhutang hingga tanggal lembar tagihan ini dicetak.
 
Tunggakan / Kelebihan Pagu Harus Dibayar
Informasi ini menerangkan jumlah pembayaran minimum Anda yang belum dibayar pada lembar tagihan bulan lalu plus jumlah kelebihan pemakaian atas pagu kredit. Jika 
Anda belum membayar, maka Anda harus segera melakukan pembayaran saat Anda menerima lembar tagihan ini.
 
Pagu Kredit
Pada bagian ini memperlihatkan jumlah pagu kredit Anda yang merupakan gabungan pagu kredit utama plus kartu tambahan.
 
Batas Penarikan Tunai
Informasi yang menerangkan jumlah uang yang bisa Anda tarik secara tunai setiap bulannya.
 
Total Pembayaran Minimum
Informasi ini menerangkan jumlah minimum tagihan yang harus Anda bayar, yang terdiri dari tunggakan, pembayaran minimum dan/atau jumlah kelebihan pemakaian di atas pagu kredit.
 
Suku Bunga Tunai per Bulan
Biaya bunga yang tercantum akan dibebankan pada rekening kartu kredit Anda untuk setiap penarikan uang tunai dimana bunga akan dihitung pada tanggal pembukuan transaksi sampai dengan tanggal pelunasan seluruh jumlah penarikan uang tunai tersebut.
 
Suku Bunga Pembelanjaan per Bulan
Biaya bunga yang tercantum akan dibebankan pada rekening kartu kredit Anda apabila Anda tidak membayar seluruh tagihan pada tanggal jatuh tempo atau apabila Anda melakukan pembayaran setelah jatuh tempo. Bunga akan dihitung berdasarkan tanggal transaksi setiap transaksi baru ditambah dengan jumlah tagihan sebelumnya.
 
Pilihan Pembayaran
Mohon gunakan slip pembayaran jika Anda membayar dengan cek. Tuliskan jumlah pembayaran Anda dan nomor cek sebagai referensi penerbit kartu kredit. Jangan lupa menuliskan nomor kartu kredit Anda di balik cek Anda.
 
Perubahan Alamat
Segera diberitahukan pada penerbit kartu kredit setiap perubahan alamat dan nomor telepon dengan menuliskan alamat dan nomor telepon Anda yang baru pada kupon yang tersedia di halaman sebaliknya.