Simulasi Kredit Mobil

Ingin Kredit Mobil, Baca Ini Dulu
 
Ajukan ke Perusahaan Pembiayaan Terbaik
 
Setelah mengetahui hasil estimasi dari simulasi kredit mobil yang diinginkan, Anda bisa memilih Bank atau lembaga pembiayaan sebagai sumber pendanaan. Namun, masing-masing memiliki kelebihan & kekurangan. Biasanya, bank memberikan bunga yang lebih bersahabat ketimbang perusahaan multifinance. Akan tetapi, bank memiliki persyaratan yang ketat untuk bisa menyetujui suatu kredit. Nah sebaliknya, perusahaan multifinance hadir dengan proses yang lebih mudah, tapi dengan bunga lebih tinggi.
 
 
Dalam hal cicilan macet, bank biasanya lebih terbuka dalam mencari solusi. Pihak bank cenderung menawarkan penjadwalan ulang atau restrukturisasi kredit ketika peminjam mengalami kesulitan membayar cicilan. Kendati demikian, pihak bank hanya mengadakan pembiayaan sebesar 70% (kredit mobil), sedangkan perusahaan multifinance sanggup menalangi sebanyak 75% dari harga mobil. Selain kedua sumber pembiayaan di atas, Anda juga bisa memilih kredit yang ditawarkan lembaga pembiayaan syariah atau bank syariah.
 
Pelajari Skema Cicilan
 
Anda sudah memilih sumber pembiayaan. Selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah mengkonsultasikan rencana kredit yang sesuai dengan kemampuan Anda. Usahakan untuk tidak terpengaruh oleh pihak sales, karena Andalah yang paling mengetahui keadaan keuangan pribadi Anda dan yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan pinjaman.
 
Ada baiknya untuk membicarakan hal-hal berikut:
 
Jumlah uang muka, tenor pinjaman & cicilan yang harus dibayar - Uang muka biasanya sebesar 20 hingga 30% dari harga mobil. Pastikan Anda sudah memiliki uang yang dibutuhkan untuk melunasi uang muka. Sebagai ilustrasi, apabila mobil yang Anda inginkan dibanderol dengan harga 200 juta, paling tidak dana uang muka yang harus Anda siapkan adalah 40 hingga 60 juta. Jumlah tersebut belum termasuk biaya administrasi & biaya-biaya lainnya. Alangkah baiknya jika Anda menyiapkan uang muka di atas 20%, atau bahkan di atas 30% untuk meringankan cicilan mobil Anda nantinya.
 
Tentukan asuransi untuk kendaraan Anda - Asuransi hadir untuk menanggulangi resiko. Pihak leasing biasanya sudah memasukan unsur tersebut ke dalam paket penawaran kredit. Adapun jenis asuransi yang jamak tersedia adalah Total Loss Only (TLO) dan All Risk. Asuransi jenis TLO hanya memberikan perlindungan sewaktu mobil hilang karena dicuri, sedangkan All Risk memberikan perlindungan dari resiko kecelakaan, bencana alam, huru hara, dsb.
 
Nah, semoga tips di atas bisa membantu Anda memperoleh mobil idaman.